Si Putri

May 29, 2014 § Leave a comment

Jadi tiba-tiba gue ngefans banget sama salah satu peserta Indonesia’s Got Talent bernama Putri. Yups, dia tuna netra, dan masih berumur 8 tahun, dengan bakat nyanyi.

Awalnya, pas denger dia nyanyi lagu Listen di youtube, yes, di youtube (maapkan aku bu bos), gue sebenarnya biasa aja dengar suaranya. Tapi pas denger kisahnya, terus ngulang denger lagi dia nyanyi, gue tiba-tiba merinding dangdut mendadak. Hingga akhirnya gue ketemu langsung Nisma Putri Ariani.

Jadi, karena ada kabar IGT bakalan cross promo di acara tercinta gue, gue dan tim menyiapkan beberapa treatment khusus untuk beberapa peserta IGT. Akibatnya, gue harus mengulang-ulang menonton tayangan IGT biar tau enaknya mereka ngapain ntar di acara gue.

Nah salah satunya Putri. Tiap dengar suara dia dan ngebayangin dia perform, gue merinding. Bukan karena takut, tapi karena gue malu ternyata ada seorang anak bocah yang ngegantung cita-citanya tinggi banget. Tampil di TV, apalagi mengingat dia tuna netra. Suaranya sih, kalau gue boleh bilang waktu di audisi itu, biasa aja. Bagus, tapi belum powerfull.

Pagi hari yang syahdu, gue udah nyampe lokasi syuting. Udah siap-siap ini itu dan lain sebagainya. Hingga akhirnya gue melihat sesosok anak bocah yang mirip banget sama yang gue liat di youtube, yups, Putri namanya.

“Hai Putri” sapa gue sok akrab sambil lalu lewat.

“Halo..!!” dijawab lantang sana anak itu.

Oke, conversation cuma sampai disini, soalnya gue lagi buru-buru ngurus ini itu (ceritanya sok sibuk gitu, hahaha).  Jadi cuma sampai sapa-sapaan. Tapi dalam hati udah terenyuh, yaampun, anak seumuran dia yang nggak bisa lihat warna apapun bisa seceria itu dan semangat lantang jawabannya.

Sampai akhirnya menjelang segmen yang akan ada si Putri. Gue udah gatel pengen ngobrol sama Putri, tapi gue kebagian part briefing para host. Mana berhubung host lagi mencar, jadi gue nggak sempat ngobrol sama Putri, lagi (duh ceritanya sok sibuk lagi).

Briefing host lancar, semua lancar, hingga akhirnya menggiring semua host berkenalan sama Putri di samping stage. Soalnya, segmen ini adalah segmen drama, jadi gue pengen suasanannya haru. Jadi ada baiknya, para host yang unyu-unyu ini berkenalan dulu sama Putri untuk membangun suasana tersebut.

“Koko, tuh si Putrinya. Kenalan dulu ya, nanti kita ajak ngobrol di stage,” ujar gue menyuruh kenalan salah satu host.

“Hai Putri, kamu cantik banget sih,” kata host gue tersebut. “Udah siap belum nyanyinya?”

“Udah dong,” jawab Putri dengan semangat dan lantang (lagi).

Senangnya, host gue interaktif sama si Putri, dan Putri anaknya semangat banget. Suka ketawa, suka nyeplos, asik banget deh anaknya. Itulah yang membuat gue malah terharu. Terharu gara-gara dia lucu banget, semangat banget, nggak malu sama apa yang dia miliki. 

Hingga akhirnya gue dengar langsung dia nyanyi. Jujur, bukan karena dia ada di program yang gue pegang, tapi, suaranya keren banget, saat itu gue langsung ngefans banget sama dia. Begitupun dengan teman-teman gue anak wardrobe yang berpikiran sama dengan gue, kalau putri suaranya luar biasa. Pas dia nyanyi, kerjaan gue cuma ngipas-ngipasin muka dibawah stage biar nggak nangis. Soalnya kan gue masih mesti ngasih clue-clue ke host selama acara berlangsung. Dan hari itu menjadi hari haru gue.

Hari demi hari gue tungguin tuh tayangan IGT live di hari Sabtu (hahaha sedikit lebay ya tutur cerita gue). Udah semangat aja gue mantengin TV, dan siap dengar suara Putri. Hingga perform dari si Putri muncul di layar TV gue. Dia cantik banget pakai baju putih, rambut diurai panjang, dan nyanyi lagu “Don’t You Remember”-nya Adele, disekitarnya ada dry ice cantik membuat dirinya bernyanyi diatas awan.

Pas masuk ke bagian komentar juri, ada satu kata yang gue ngga bisa nahan air mata.

“Putri, kenapa senang bisa ada di IGT? Apa yang bikin Putri senang?” kira-kira begitu trigger pertanyaan Indy Barend ke Putri.

“Senang, karena semua orang menghargai Putri..” ucap gadis cilik itu lantang dan semangat.

Gue emang drama banget ya orangnya, tapi gue senang pernah ketemu Putri langsung. Nggak peduli deh orang bilang suaranya biasa, atau tayangan terlalu eksploitasi anak kecil tuna netra. Tapi coba kalian bayangkan, seberapa besar kesempatan orang-orang seperti Putri bisa menunjukan jati dirinya di masyarakat luas. Dan Putri juga special buat gue, karena dari dia gue belajar bersyukur. Dia punya suara bagus, semangat luar biasa, dan dia bikin banyak orang tersenyum.

Semangat ya Putri, semoga jadi juara.

Leave a comment

What’s this?

You are currently reading Si Putri at Dimas & Dimce.

meta